Nginap Di Hotel Tanpa Bayar dan Mengaku Pejabat Kejaksaan Seorang Pria Ditangkap Polisi

Posted on 5 Maret 2021
Nginap Di Hotel Tanpa Bayar dan Mengaku Pejabat Kejaksaan Seorang Pria Ditangkap Polisi

Surabaya – Seorang pria berinisial AS (39) warga Sambikerep, Surabaya ditangkap setelah adanya laporan dari beberapa pihak yang dirugikan karena diduga melakukan tindak pidana penggelapan sejumlah uang dan penipuan.

“Tersangka melakukan tindakan penipuan dengan menjanjikan bisa menjadikan korbannya pegawai di Kementerian Hukum dan HAM, tersangka juga mengaku sebagai jaksa, dan melakukan penggelapan uang sebesar Rp 625.000.000,” ungkap Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian Purwono.

Dibenarkan oleh tersangka AS ketika ditanya langsung pada saat pihak Reskrim Polrestabes Surabaya menggelar konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Jum’at (5/4/2021), bahwa dirinya mengaku sebagai jaksa dengan membuat serta membeli sendiri baju dinas dan atribut yang digunakan. Uang yang didapat digunakan untuk keperluan pribadi. Menurut penuturuan tersangka, ia diberhentikan menjadi pegawai kejaksaan di Kalimantan, kemudian ke Surabaya.

Kronologis kejadian berhasilnya ditangkap tersangka AS, karena kerjasama antara polisi, pihak Kejaksaan Negeri Surabaya dan pihak hotel yang dirugikan oleh tersangka. Menurut keterangan hotel yang dirugikan, tersangka sering menginap dan melakukan pembayaran mundur serta melakukan pengancaman terhadap hotel yang bersangkutan dengan mengaku sebagai pejabat di Kejaksaan Negeri Surabaya.

Tersangka berhasil ditangkap di salah satu hotel di kawasan Surabaya Barat pada 2 Maret 2021. Barang bukti yang turut diamankan, beberapa lembar bukti transfer dari bank BCA, sepasang pakaian resmi kejaksaan beserta atributnya, tongkat komando berlogo kejaksaan, satu buah KTP berstatus pekerjaan PNS, dan Kartu PIJ (Persatuan Jaksa Indonesia) atas nama tersangka. Tersangka diancam hukuman penjara paling lama 4 tahun sesuai dengan pasal 378 dan 372 KUHP

_PRINT

DPO

Total DPO: 169
sp2hp
Total SP2HP: 11431
promoter
_NOPROD